Peranan Satuan Peralatan Dalam Mendukung Penyiapan Alutsista TNI AD Dalam Rangka HUT TNI Ke 70

IMG-20151009-WA0003 IMG-20151009-WA0002

Oleh : Kolonel Cpl Taufan Tjandra Kusuma

Peralatan Angkatan Darat adalah salah satu Badan Pelaksana Pusat Tingkat Markas Besar TNI Angkatan Darat, yang bertugas pokok membina dan menyelenggarakan fungsi peralatan. Penyelenggaraan fungsi peralatan, dilaksanakan melalui fungsi utamanya yang meliputi pembinaan kecabangan dan pembinaan materiil peralatan.
Pembinaan Materiil yang dilaksanakan adalah terhadap seluruh materiil peralatan (materiil, alat peralatan dan alat utama sistem senjata Angkatan Darat seperti kendaraan, senjata dan munisi), sehingga seluruh materiil peralatan tersebut selalu dalam kondisi siap pakai guna menunjang kesiapan satuan jajaran TNI Angkatan Darat dalam melaksanakan tugas pokoknya.
Peran Peralatan Angkatan Darat dalam Kegiatan HUT TNI ke 70 merupakan salah satu bentuk pembinaan di bidang materiil, dimana dalam rangka pelaksanaan HUT TNI yang dilaksanakan di daerah pantai Indah Kiat Cilegon TNI AD mengikutsertakan Alutsista yang dimiliki angkatan darat. Dalam rangka pelaksanaan HUT TNI Peralatan angkatan darat mempunyai tugas pokok memberikan dukungan penyiapan Alutsista TNI AD mulai tahap pengecekan, pemeliharaan dan perbaikan alat peralatan di masing-masing kotama sehingga siap digunakan dalam pelaksanaan kegiatan upacara HUT TNI ke 70, terutama defile kendaraan dan alutsista TNI AD.
Sesuai dengan tugas pokok Satuan peralatan dalam rangka penyiapan alutsista, Peralatan angkatan melalui satuan jajarannya dalam rangka mendukung seluruh kegiatan HUT TNI ke 70 telah memberikan kontribusi yang cukup baik mulai tahap persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran.

I. TahapPersiapan.
Tahap persiapan yang dilaksanakan adalah upaya pengecekan kesiapan seluruh alutsista yang menjadi tanggungjawab di masing-masing kotama dan areal servis satuan peralatan angkatan darat, serta adanya tim peralatan yang mengawal selama pergeseran alut sista dari home base ke Pantai Indah Kiat Cilegon, sehingga seluruh alut sista dapat berfungsi dengan baik. Hal tersebut dapat dikatakan sebagai fungsi dukungan yang tepat bagi satuan pengguna.Selain itu, penyelenggaraan dukungan penyiapan Alutsista dalam rangka HUT TNI ke 70 sudah berjalan dengan cukup baik. Hal ini dilihat dari satuan peralatan yang sudah terlibat baik dari Peralatan Kostrad, Paldam dan Peralatan Kopassus yang telah bekerja sedemikian rupa sehingga seluruh alutsista yang digunakan dalam pelaksanaan defile kendaraan dan alutsista dapat berfungsi dengan baik.
Peranan satuan peralatan dalam kegiatan HUT TNI ke 70 cukup dirasakan oleh satuan pengguna diluar kecabangan peralatan. Hal ini yang dilaksanakan satuan peralatan dalam pelaksanaan kegiatan dengan memberikan dukungan fungsional berupa perbaikan alutsista yang mengalami kendala di lapangan. Akan tetapi, dalam pelaksanaan dukungan fungsional peralatan perluadanya peningkatan, terutama bagi satuan-satuan yang memiliki alutsista modern yang saat ini dimiliki angkatan darat. Sesuai dengan tingkatan, penggunanya memiliki kemampuan pemeliharaan. Dengan ini diharapkan satuan peralatan mulai membina personel yang mempunyai kemampuan pada masing-masing alutsista sehingga seluruh satuan pengguna dapat memperoleh dukungan yang tepat sasaran. Hal ini dapat dilihat dari penyelenggaraan dukungan peralatan terhadap satuan yang memiliki alutsista modern seperti Tank Leopard, Marder serta alutsista-alutsista lain yang mengalami modernisasi, cenderung kurang maksimal karena masih kurangnya personel yang sudah mempunyai kemampuan terhadap alutsista tersebut.

II. TahapPelaksanaan
Peran penyelenggaraan dukungan satuan peralatan pada tahap pelaksanaan dalam rangka kegiatan HUT TNI ke 70 adalah melaksanakan pengecekan seluruh alutsista yang dilaksanakan masing-masing satuan peralatan terhadap satuan pengguna yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Hal ini dilaksanakan selama pelaksanaan gladi sampai dengan hari pelaksanaan, dengan tujuan untuk mencegah adanya kerusakan terhadap alutsista yang digunakan. Pada tahap pelaksanaan dukungan peralatan berjalan dengan baik, hal ini bisa dilihat dengan minimnya kendala selama pelaksanaan. Peranserta yang dirasakan adalah kecepatan dan ketepatan terhadap pemindahan alutsista yang mengalami kendala dilapangan. Akan tetapi tidak semua satuan pengguna dapat memperoleh dukungan peralatan karena minimnya personel yang memiliki kemampuan sesuai alutsista karena adanya modernisasi alutsista.

III. TahapPengakhiran.
Peran Satuan Peralatan pada tahap pengakhiran dalam pelaksanaan kegiatan HUT TNI adalah pengecekan akhir terhadap seluruh alutsista yang berada di bawah tanggung jawab masing-masing satuan pengguna dan menjadi areal servis dibawah satuan peralatan. Sehingga alutsista yang telah digunakan dapat tetap berfungsi dengan baik dan siap operasional di masing-masing satuan pengguna, serta melaksanakan perbaikan terhadap alutsista yang mengalami kerusakan setelah pelaksanaan kegiatan HUT TNI ke 70.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan sebagai berikut : Pertama; Satuan Peralatan melaksanakan dukungan dibidang fungsional kecabangan peralatan dengan cukup baik sehingga dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan HUT TNI ke 70 dapat berjalan dengan baik. Kedua; Minimnya personel saat ini yang menguasai alutsista yang semakin modern, sehingga dalam penyelenggaraan dukungan peralatan masih kurang optimal.
Demikian artikel tentang Peranan Satuan Peralatan Dalam Mendukung Penyiapan Alutsista TNI AD Dalam Rangka HUT TNI Ke 70 kami buat sebagai bahan masukan bagi Komando Atas untuk mengambil kebijakan guna mendukung pelaksanaan tugas secara lebih baik dan terciptanya profesional bagi satuan bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *