Penataran ASTROS II Ditpalad TA 2016

gbr2

Penataran ASTROS II Ditpalad TA 2016

Sesuai program dan Anggaran Ditpalad bidang Pendidikan dan latihan tahun 2016 , Subditbindiklat Ditpalad menyelenggarakan penataran sista Astros II di Gupusmu I ditpalad dari mulai tanggal 22 Februari hingga 1 April 2016.

Penataran ini merupakan satu program kelanjutan dari program pengadaan sistem persenjataan Astros II untuk satuan Armed TNI AD. Materi penataraan kali ini dikhususkan untuk melatihakan dan memberikan pengetahuan personel-personel peralatan tentang Revalidasi munisi roket astros yang menggunakan alat Thermal Chamber. Thermal Chamber merupakan alat yang digunakan untuk mengecek bisa atau tidaknya satu roket astros untuk ditembakan. Pengecekan ini akan dilaksanakan secara berkala dari awal pengadaan hingga 5 tahun pertama kemudian setiap tahun hingga 10 tahun kedepan sehingga diharapkan kondisi munisi roket Astros akan selalu diketahui statusnya servicable atau tidak untuk digunakan dalam penembakan.

Yang istimewa dari Penataran Thermal Chamber ini adalah dimana seluruh penatar seluruhnya berasal dari Avibras Brazil sejumlah 4 orang . Peserta penataran adalah personel peralatan yang berasal dari Gudang pusat munisi, Pusdikpal, Pal Divisi Kostrad dan Peralatan Kodam seluruhnya ada 18 peserta dibagi dalam 3 gelombang, dilaksanakan di Gupusmu I bojong koneng Bandung, tempat dimana alat Thermal Chember di install oleh Angkatan Darat.

Penataran merupakan salah satu metode TOT yang efektif guna mentransfer pengetahuan dan ketrampilan tehnik, kelanjutan dari proses pengadaan barang di lingkungan TNI AD termasuk Alutsista Astros. Sinkronisasi dan optimalisasi TOT yang dilaksanakan di lingkungan Ditpalad dengan pengadaan materiil baru merupakan satu upaya yang dilakukan oleh Ditpalad guna membangun personel CPL yang profesional dan mampu diandalkan dalam memelihara dan membekalkan materiil TNI AD yang pada hakekatnya akan bermuara pada semakin lamanya usia pakai materiil. Demikian salah satu petikan amanat Dirpalad pada upacara pembukaan penataran astros II pada tanggal 22 Februari 2016 di Gudang Thermal Chember Gupusmu I.

Dengan adanya validasi Orgas Ditpalad yang membentuk satu Subdirektorat Pembinaan Pendidikan dan Latihan merupakan wadah pengurusan seluruh program latihan kecabangan peralatan termasuk didalamnya pengurusan TOT dan Penataran -yang terkoneksikan dari pengadaan-pengadaan materiil dilingkungan peralatan. Diakhir penataran peserta yang dinyatakan lulus akan mendapat sertifikat langsung dari AVIBRAS dan mendapat lisensi untuk melaksanakan revalidasi roket Astros, Peserta penataran ini selanjutnya akan menjadi agen-agen pelatih yang akan mengembangkan dan menularkan kemampuannya kepada personel peralatan lain disatuannya melalui latihan teknis kecabangan di satuan peralatan. Lebih jauh dari TOT tersebut akan dikembangkan dalam kurikulum pendidikan yang diajarkan di Pusdikpal termasuk juga menjadi langkah awal disusunnya buku buku petunjuk atau buku berita tehnik yang akan menjadi pedoman pelaksanaan kerja prajurit dilapangan pada setiap materiil baru yang diadakan di lingkungan TNI AD. Sehingga diharapkan program pendidikan dan latihan akan dapat terus mengikuti perkembangan dan kemajuan dari sistem persenjataan, kendaraan, munisi dan tehnologi mekanik yang setiap tahun diperbaharui dan diadakan di lingkungan TNI AD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *